Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

By | 20 Oktober 2020

Cara membuat akun WhatsApp bisnis sebetulnya cukup sederhana bahkan bisa dibilang tidak begitu jauh berbeda dengan cara membuat akun WhatsApp biasa (reguler).

Redupnya kepopuleran aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) usai ditinggal oleh para penggunanya lantaran merasa sudah tidak nyaman banyaknya iklan yang menganggu, ternyata menjadi berkah tersendiri bagi WhatsApp.

Pada tahun 2017 silam, pengguna aplikasi BBM melakukan hijrah massal ke WhatsApp. Sehingga mulia saat itu, WhatsApp digadang-gadang sebagai aplikasi perpesanan instan nomor wahid yang banyak digunakan di dunia.

Tak berselang lama, WhatsApp kembali unjuk gigi dengan menghadirkan aplikasi WA Business pada September 2017, sesuai namananya aplikas tersebut dirancang khusus untuk keperluan bisnis.

Belum punya akun WA Business dan mau tau bagaimana cara membuatnya? Simak tutorialnya di bawah ini.

BACA JUGA: Aplikasi Streaming Dewasa Anti Banned Khusus 18+

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

1. Sebagai langkah awal, tentu saja Anda harus menginstal aplikasi WhatsApp Bisnis baik itu dari Google Play Store ataupun App Store.

Cara daftar WA Bisnis

Cara daftar WA Bisnis. (IST)

2. Jika sudah terpasang langsung saja Anda buka dan masuk ke aplikasinya.

3. Pada tampilan awal aplikasi WA Bisnis, silahkan Anda klik tombol Setuju dan Lanjutkan.

Cara buat akun WA Bisnis

Cara buat akun WA Bisnis. (IST)

4. Layaknya WhatsApp reguler, Anda akan diminta untuk mendaftarkan nomor hp yang nantinya akan dikirimi sms berisi kode OTP (One Time Password). Namun idealnya, gunakanlah nomor baru atau yang memang sudah Anda khusukan untuk keperluan bisnis.

Cara mengubah WA biasa ke WA Bisnis

Cara mengubah WA biasa ke WA Bisnis. (IST)

5. Langkah selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirim melalui sms tadi ke dalam kolom yang sudah disediakan.

6. Apabila proses verifikasi sudah selesai, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengupload foto profil, memasukkan nama bisnis, kategori, deskripsi dan juga lokasi bisnis yang Anda kelola.

Selesai akun WA bisnis Anda kini telah siap untuk digunakan. Tapi agar terlihat profesional tidak ada salahnya jika Anda menambahkan Pesan di Luar Jam Kerja atau Away Message.

Nah, fitur Away Message bisa Anda manfaatkan untuk bisa tetap terhubung ke konsumen meskipun Anda sedang tidak di tempat alias diluar jam kerja.

Untuk mengaktifkan fiturnya, silahkan buka menu Setelan Bisnis > Pesan di Luar Jam Kerja > lalu aktifkan tombol geser yang berada di samping menu Kirim Pesan di Luar Jam Kerja > Edit pesan default yang tersedia menggunakan kalimat versi Anda sendiri.

Cara balas pesan WA otomatis

Cara balas pesan WA otomatis. (IST)

BACA JUGA: Cara Akun WhatsApp Tanpa Nomor HP

Sekian pembahasan kali semoga bermanfaat.